Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Persepsi Ibu Rumah Tangga Tentang Iklan AXE Di RT 51 Kelurahan Sempaja Selatan Samarinda (Aminullah Ramadani)

Submitted by: ,
On: Nov 9, 2015 @ 9:32 AM
IP: 180.248.230.230

  • Judul artikel eJournal: Persepsi Ibu Rumah Tangga Tentang Iklan AXE Di RT 51 Kelurahan Sempaja Selatan Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Aminullah Ramadani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi ibu rumah tangga tentang iklan Axe versi kencan bidadari di RT 51 kelurahan Sempaja Selatan Samarinda.
    Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yakni data primer dan sekunder. Data primer merupakan pengambilan data langsung oleh peneliti melalui ibu rumah tangga sebagai informan. Dalam menentukan informan dalam penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling.
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada informan, ditafsirkan bahwa persepsi ibu rumah tangga tentang iklan Axe versi kencan bidadari beragam, terbagi menjadi dua bagian, positif dan negatif. Terutama dilihat dari penggunaan model seksi pada jam tayang yang tidak semestinya.
    Indikator-indikator persepsi positif ibu rumah tangga tentang iklan Axe antara lain adalah wanita lebih feminim, cantik,, serta tidak ada pembatasan peran aktif dalam iklan televisi, dan pengulangan iklan pewangi dan deodoran yang menampilkan wanita cantik akan membuat konsumen maupun calon konsumen lebih tertarik serta mudah mengingat produk tersebut. Sedangkan indikator persepsi negatif antara lain adalah waktu penayangan iklan yang bermuatan dewasa di siang hari kurang tepat, adanya eksploitasi sensual (menarik lawan jenis) terhadap model wanita sehingga wanita hanya menjadi obyek seks bagi laki-laki, bias jender yang terdapat dalam iklan tersebut, serta adanya stereotip (prasangka) terhadap model wanita yang digunakan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Persepsi, Ibu Rumah Tangga, Iklan, Genders
  • NIM: 0802055155
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2008
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Inda Fitryarini, S.Sos., M.si, Diah Rahayu, S.Psi., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 3
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): File (11-09-15-09-32-03).doc (110 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): File (11-09-15-09-32-03).pdf (535 kB)




  1. Situs Slot KayaMendadak88
  2. Situs Slot Online Terbaik Dan Terpercaya No 1
  3. Slot Pragmatic Play
  4. Situs Slot Online Terpercaya
  5. Kumpulan Situs Judi Slot Terpercaya
  6. Game Slot Online
  7. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  8. Situs Judi Slot Online Terpercaya 2021
  9. Slot Joker123
  10. Agen Slot Online Resmi
  11. Slot Deposit Pulsa
  12. Daftar Situs Judi Slot Terbaik Dan Terpercaya No 1
  13. AloJudi Slot
  14. KayaMendadak88 Slot
  15. Situs Slot Gacor 2022
  16. Judi Slot Online Jackpot Terbesar Gampang Menang
  17. Joker123 Slot
  18. Mesin slot gacor 88
  19. Mesin slot
  20. Link Slot Online
  21. Slot Via Dana
  22. Daftar Situs Bo Slot Online Gacor Terbaik 2022
  1. Slot Online
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Daftar Situs Judi Slot Online Terpercaya
  4. Judi Slot Terpercaya
  5. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  6. Slot Online Terbaru
  7. Situs Game Slot Online Terbaik
  8. Daftar Situs Judi Slot Online Gacor Gampang Menang 2022
  9. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  10. Slot Hacker
  11. Situs Slot Online Terbaik
  12. Slot Gacor Gampang Menang
  13. Situs Judi Slot Online Gacor Terbaik 2022
  14. Situs Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  15. Slot Online Terpercaya
  16. Game Slot Penghasil Uang
  17. Situs Slot Online Terbaik 2021
  18. Situs Slot Online Terbaik dan Terpercaya
  19. Situs Slot Terbaik
  20. Situs Judi Slot Terbaik Dan Terpercaya No 1