Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Persepsi Mahasiswa Tentang Iklan Indomie Mie Goreng Aceh di YouTube Dalam Menimbulkan Minat Beli (Nino Aldilla Kusumawardani,Endang Erawan,Silviana Purwanti)

Submitted by: ,
On: May 27, 2019 @ 4:27 AM
IP: 36.83.60.67

  • Judul artikel eJournal: Persepsi Mahasiswa Tentang Iklan Indomie Mie Goreng Aceh di YouTube Dalam Menimbulkan Minat Beli
  • Pengarang (nama mhs): Nino Aldilla Kusumawardani,Endang Erawan,Silviana Purwanti
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang kegiatan komunikasi pemasaran Indomie yaitu iklan Indomie Mie Goreng Aceh di YouTube dapat menimbulkan respon berupa perhatian/attention, ketertarikan/interest, keinginan/desire, tindakan/action, minat beli. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara library research dan field work research yaitu observasi, wawancara langsung dengan informan, arsip serta dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling adalah penentuan sampel yang diseleksi berdasarkan kriteria-kriteria tertentu yang dibuat peneliti berdasarkan tujuan penelitian dengan memilih subjek / objek sebagai unit analisis berdasarkan kebutuhan dan menganggap bahwa unit analisis tersebut representatif, adapun kriteria informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fisip Unmul, mengetahui tujuan dari keberadaan sebuah iklan, sudah pernah mengkonsumsi Indomie Mie Goreng Aceh, pengguna aktif media sosial YouTube dengan penggunaan perhari lebih dari dua jam. Data-data kemudian akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Indomie Mie Goreng Aceh sangat baik dalam menarik perhatian / attention khalayak dengan selalu melakukan pengulangan kata ‘kaya’ dan ‘tebal’, iklan juga dapat menarik perhatian khalayak karena dipublikasikan di tempat yang banyak diakses oleh khalayak. Iklan dapat menimbulkan ketertarikan / interest baik dari segi visual maupun non visual yang akan mendorong audiens untuk ingin mengetahui lebih banyak tentang produk yang ditawarkan. Iklan dapat menimbulkan keinginan / desire audiens secara rasional maupun emosional untuk mencoba produk. Iklan dapat mempengaruhi tindakan/action audiens dalam memutuskan untuk melakukan pembelian terhadap produk. Indomie Mie Goreng Aceh tidak dapat menimbulkan minat preferensial pada konsumen.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Persepsi, Iklan, YouTube, Minat Beli.
  • NIM: 1402055073
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Endang Erawan, M.Si, Silviana Purwanti, S.Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 7
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Nino (05-27-19-04-27-04).doc (126 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Nino (05-27-19-04-27-04).pdf (635 kB)