Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

REPRESENTASI CITRA MUSLIMAH DALAM IKLAN KECANTIKAN WARDAH “20 TAHUN” (Auliya Fathamsyah, Hairunnisa, Sarwo Eddy Wibowo)

Submitted by: ,
On: May 8, 2019 @ 3:45 AM
IP: 180.248.123.235

  • Judul artikel eJournal: REPRESENTASI CITRA MUSLIMAH DALAM IKLAN KECANTIKAN WARDAH “20 TAHUN”
  • Pengarang (nama mhs): Auliya Fathamsyah, Hairunnisa, Sarwo Eddy Wibowo
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Iklan yang muncul di media massa, diantaranya adalah iklan produk kecantikan. Model iklan kecantikan yang marak tampil di media massa adalah model iklan yang cenderung berwajah cantik, berambut panjang, berbadan langsing, berkulit putih dan memamerkan lekuk tubuh indahnya. Iklan Wardah “20 Tahun” menampilkan sesuatu yang berbeda sosok perempuan berhijab dengan pakaian tertutup serta tagline halal. Menurut Roland Barthes, dalam semiotika pembahasan mengenai makna lebih mendalam, bukan hanya makna yang terlihat langsung, tetapi juga makna yang tidak langsung. Ada empat citra perempuan yang ditampilkan oleh iklan, yaitu: Citra Pigura, Citra Pilar, Citra Pinggan, Citra Pergaulan. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis representasi citra muslimah dalam iklan kecantikan Wardah “20 Tahun” dengan mengunakan analisis semiotika Roland Barthes. Dari penelitian ini secara denotasi adalah memperlihatkan identitas seorang muslimah yang ditampilkan terlihat dengan penggunan hijab dan pakaian menutup dikeseluruhan tubuh. Sedangkan secara konotasi ditemukan bahwa seorang muslimah mampu mencapai hal-hal yang dianggap tabu oleh beberapa kalangan masyarakat pada umumnya. Dan mitosnya adalah pada kenyataannya melalui media massa setiap emansipasi perempuan disuarakan oleh masyarakat, berbanding lurus dengan diskriminasi terhadap kaum muslimah secara tidak langsung.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Citra, Perempuan, Muslimah, Wardah, Semiotika, Roland Barthes
  • NIM: 1302055031
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hj. Hairunnisa S.Sos., M.M & Sarwo Eddy Wibowo, S.I.Kom., M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 7
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): GENAP (edit baru)a (05-08-19-03-45-23).docx (43 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): GENAP (edit baru)a (05-08-19-03-45-23).pdf (312 kB)