Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Profil eJournal

Pembentukan eJournal ini dilatarbelakangi oleh adanya ketentuan dari Dikti Depdiknas bahwa semua lulusan Program S1 harus membuat karya ilmiah yang diterbitkan di jurnal ilmiah sehingga bisa diakses publik. Ada beberapa tujuan dari kebijakan dimaksud, diantaranya untuk mensosialisasikan hasil-hasil karya ilmiah (penelitian) mahasiswa. Oleh karena keterbatasan jurnal dalam bentuk cetakan, maka direkomendasikan untuk memakai media jurnal elektronik (eJournal) sebagai media penerbitan karya-karya ilmiah tersebut. Fakultas kemudian menindaklanjuti kebijakan tersebut dengan mewajibkan semua mahasiswa S1 Fisip Unmul untuk membuat artikel di jurnal ilmiah untuk bisa diakses oleh publik. Untuk itulah maka Prodi ini membuat dan mengonlinekan elektronik jurnal (eJournal).

Pengelolaan
eJournal ini dibentuk di penghujung tahun 2012 dan dikelola oleh Program Studi (Prodi) dengan melibatkan segenap sumberdayanya, mulai dari proses pembimbingan, penyiapan sarana prasarana, pemberian konsultasi, sampai publikasi.

Publikasi
eJournal ini menerbitkan/mengonlinekan artikel-artikel mahasiwa, yang frekuensi terbitnya adalah empat kali setahun , mulai Nomor 1  sampai Nomor 4 dalam periode satu tahun.

Tema
Tema dari artikel-artikel eJournal adalah sesuai dengan bidang ilmu yang diajarkan atau yang menjadi spesialisasi Prodi ini.

Sumber Artikel
Artikel-artikel mahasiswa dalam eJournal bersumber dari skripsi yang telah dipertahankan di hadapan Dewan Penguji pada Sidang Ujian Skripsi. Draft pembuatan artikel eJournal dimulai menjelang tahap akhir penyelesaian skripsi, dan draft finalnya dibuat setelah lulus ujian skripsi.

Akses
Artikel-artikel mahasiswa yang dionlinekan di website ini terhubung dengan Portal Karya Ilmiah FISIP Unmul. Dengan demikian, artikel-artikel dimaksud disamping bisa dibaca di situs ini juga bisa diakses di/melalui Portal Karya Ilmiah FISIP Unmul.

Sekretariat
Sekretariat eJournal berada di Prodi Ilmu Komunikasi, Kampus Gunung Kelua. Samarinda, Kalimantan Timur.

s.o.p_ejournal

7,842 total views, 1 views today