Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

AKTIVITAS PROMOSI DALAM MEMBANGUN KESADARAN DAN CITRA POSITIF MASYARAKAT TERHADAP WAHANA WISATA MAHAKAM LAMPION GARDEN (MLG) DI SAMARINDA (Ajeng Desi Anggreini)

Submitted by: ,
On: May 8, 2018 @ 3:27 AM
IP: 36.74.247.187

  • Judul artikel eJournal: AKTIVITAS PROMOSI DALAM MEMBANGUN KESADARAN DAN CITRA POSITIF MASYARAKAT TERHADAP WAHANA WISATA MAHAKAM LAMPION GARDEN (MLG) DI SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Ajeng Desi Anggreini
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas promosi dalam membangun kesadaran dan citra positif masyarakat terhadap wahana wisata mahakam lampion garden (MLG) di Samarinda. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data meliputi data primer yang diperoleh peneliti secara langsung dari informan yaitu Marketing MLG dari PT Samaco, Seksi Promosi Dinas Pariwisata Samarinda dan masyarakat di Kota Samarinda, sedangkan data sekunder yaitu Dinas Pariwisata Samarinda dan MLG. Teknik pengumpulan data yaitu field work research meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi personal selling yang dilakukan manajemen MLG berupa menjelaskan wisata apa saja yang terdapat di MLG kepada masyarakat yang membeli tiket dan mendekati kemudian mempresentasikan tentang wisata yang terdapat di MLG kepada masyarakat yang ada di sekitar MLG agar mereka masuk berkunjung ke MLG. Promosi mass selling berupa periklanan meliputi iklan di surat kabar Samarinda POS dan Tribun, melalui media sosial seperti Facebook yaitu Busam dan Instagram, radio dan juga liputan televisi tepian serta baliho-baliho yang terpasang. Promosi public relation yang dilakukan manajemen MLG berupa kerjasama dengan pemerintah dan pihak swasta dalam mempromosikan MLG melalui event-event agar masyarakat tertarik untuk datang dengan bekerja sama dengan perusahaan lainnya sehingga banyak door price seperti lomba mewarnai, karaoke bareng, zumba party, lomba model, pesta hollowen dan lain sebagainya. Pihak manajemen MLG PT Samaco di Samarinda perlu mempertimbangkan untuk lebih memperhatikan penambahan sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung, menjaga keindahan tempat wisata dan meningkatkan kegiatan promosi, memasang pengumuman wahana wisata apa saja yang ada di MLG, dan mengadakan pelatihan SDM
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Aktivitas Promosi, Kesadaran dan Citra Positif Masyarakat, MLG.
  • NIM: 1102055183
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. M. Zaini, M.Si dan Annisa Wahyuni Arsyad, S.Ip., MM
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 6
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal CETAK (05-08-18-03-27-05).doc (84 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal CETAK (05-08-18-03-27-05).pdf (185 kB)

Print Friendly, PDF & Email



  1. Online Casino India
  2. Best Aviator Game App In India
  3. Andar Bahar Online Game
  4. Casino App Real Money India
  5. Best Cricket Betting Sites In India
  6. Best Casino Game to Win Real Money
  7. Online Casino Games In India
  1. Slot Online Terpercaya
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Judi Slot Terpercaya
  4. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  5. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  6. Slot Hacker
  7. Situs Slot Online Terbaik
  8. Slot Gacor Gampang Menang
  9. Slot Online
  10. Situs Slot Online Terbaik 2022
  11. Slot RTP Pragmatic
  12. Situs Slot Gacor 2022