Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PENGARUH TAYANGAN IKLAN EARTH HOUR TENTANG PENGGUNAAN ENERGI DI TELEVISI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA/I SMPN10 SAMARINDA (Hilda U S)

Submitted by: Umar, Hilda
On: Nov 4, 2015 @ 6:09 AM
IP: 36.82.228.52

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH TAYANGAN IKLAN EARTH HOUR TENTANG PENGGUNAAN ENERGI DI TELEVISI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA/I SMPN10 SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Hilda U S
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini membahas tentang apakah ada pengaruh tayangan iklan earth hour tentang penggunaan energi di televise terhadap pengetahuan dan sikap siswa/I SMP N 10 Samarinda. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2013 di Jalan Untung Suropati Samarinda dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 74 orang dengan total populasi siswa/i kelas XIII A-I 289 dengan jumlah laki laki 22 dan perempuan 52. Penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linier berganda dengan Program SPSS Versi 18.
    Penggunaan energi listrik merupakan unsur penting yang menunjang berbagai kegiatan dalam kehidupan masyarakat, baik itu untuk industri, rumah tangga, pendidikan, transportasi, penerangan, dan komunikasi. Hampir setiap aktivitas yang dilakukan setiap hari membutuhkan energi listrik. Pertumbuhan penduduk dan aktivitas ekonomi di Kalimantan Timur khususnya di Samarinda dan ini mendorong peningkatan konsumsi listrik dari waktu ke waktu yang dapat berpengaruh pada biaya produksi listrik sehingga sulit sekali diimbangi oleh peningkatan kapasitas produksi listrik.
    Hasil Analisis Sidik Ragam (ANOVA) menunjukan adanya pengaruh iklan earth hour tentang penggunaan energy terhadap variabel pengetahuan dengan nilai F hitung sebesar 11.623 dengan taraf sig. sebesar 0.001 dan variabel perilaku nilai F hitung sebesar 17.825 dengan taraf sig. sebesar 0.000 dimana angka ini lebih kecil dari taraf sig. 0.05. Hasil ini menunjukkan bahwa iklan layanan masyarakat earth hour mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan dan perilaku siswa SMP N 10 Samarinda
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pengaruh Iklan, Iklan Layanan Masyarakat, Pengetahuan dan Sikap
  • NIM: 0902055244
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. DR. Hj. NurFitriyah M.S dan Rina Juwita S.ip M.HRIR
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 3
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): ejournal file doc (11-04-15-06-09-58).doc (450 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): ejournal file pdf (11-04-15-06-09-58).pdf (639 kB)

Print Friendly, PDF & Email



  1. Online Casino India
  2. Best Aviator Game App In India
  3. Andar Bahar Online Game
  4. Casino App Real Money India
  5. Best Cricket Betting Sites In India
  6. Best Casino Game to Win Real Money
  7. Online Casino Games In India
  1. Slot Online Terpercaya
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Judi Slot Terpercaya
  4. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  5. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  6. Slot Hacker
  7. Situs Slot Online Terbaik
  8. Slot Gacor Gampang Menang
  9. Slot Online
  10. Situs Slot Online Terbaik 2022
  11. Slot RTP Pragmatic
  12. Situs Slot Gacor 2022