Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI ELECTRONIC PUBLIC RELATION UNTUK MENINGKATKAN CITRA PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Muh. Siswa. R)

Submitted by: ,
On: Apr 9, 2015 @ 3:08 AM
IP: 110.139.9.50

  • Judul artikel eJournal: PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI ELECTRONIC PUBLIC RELATION UNTUK MENINGKATKAN CITRA PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • Pengarang (nama mhs): Muh. Siswa. R
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Abstrak
    Muh. Siswa. R, NIM 1102055224, Penggunaan YouTube sebagai Electronic Public Relation Untuk Meningkatkan Citra Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, di bawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma., M.Si selaku pembimbing I dan Syahrul Sharial, S.Sos.,M.Si selaku pembibing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
    Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha untuk menggambarkan atau mendeskripsikan objek yang diteliti berdasarkan fakta di lapangan dengan menggunakan Informan sebagai sumber data, data-data yang disajikan menggunakan data primer dan data sekunder melalui wawancara mendalam, obseravasi lapangan, dokumentasi kegiatan, referensi yang berkaitan dengan penelitian ini dan data dari internet. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif dengan model interaktif oleh Matthew B. Miles dan Michael Huberman.
    Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan media YouTube untuk menjaga komunikasi yang efektif dan harmonis dengan publiknya, Humas Kukar selalu memperhatikan kualitas akan isi pesan, dan isi pesan harus jelas agar mudah dipahami oleh publiknya, serta untuk menarik perhatian (Attention) dari publiknya, berita video juga dibuat semenarik mungkin terutama pada headline berita video. Penggunaan media YouTube ini ditujukan untuk memberikan keterbukaan informasi atau pun transparansi kepada masyarkat baik internal maupun ekternal Sasaran dari penggunaan YouTube ini adalah internal yang mencakup masyarakat umum, komunitas-komunitas dalam daerah dan Eksternal mencakup Pemerintah, Pers, Komunitas luar daerah dan masyarakat Umum dengan menyediakan berita yang tersegmentasi diantaranya berita pemerintahan, Pemuda & Olahraga, Ekonomi & Pariwisata, Sosial Budaya, Pemberdayaan Perempuan, Pendidikan, Citizen Journalism, dan Berita Bahasa Kutai.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): YouTube, Public Relations, Electronic Public Relation, Citra
  • NIM: 1102055224
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma., M.Si & Syahrul Shahrial. S.Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 3
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (04-09-15-03-08-13).doc (116 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (04-09-15-03-08-13).pdf (81 kB)

Print Friendly, PDF & Email



  1. Online Casino India
  2. Best Aviator Game App In India
  3. Andar Bahar Online Game
  4. Casino App Real Money India
  5. Best Cricket Betting Sites In India
  6. Best Casino Game to Win Real Money
  7. Online Casino Games In India
  1. Slot Online Terpercaya
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Judi Slot Terpercaya
  4. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  5. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  6. Slot Hacker
  7. Situs Slot Online Terbaik
  8. Slot Gacor Gampang Menang
  9. Slot Online
  10. Situs Slot Online Terbaik 2022
  11. Slot RTP Pragmatic
  12. Situs Slot Gacor 2022